Senin, 25 Maret 2013

MENGENAL KENARI IMPORT

KENARI IMPORT
 

 Beberapa jenis burung kenari yang terkenal di seluruh dunia:

1. Kenari Norwich:
Burung kenari ini mempunyai sejarah sendiri. Penenun - penenun bangsa Flam yang memelihara burung ini pernah melarikan diri ke Inggris, untuk menghindani pembantaian bangsa Spanyol. Mereka tinggal di wilayah Norwich di Norflok (Inggris). Mereka inilah yang menjaga kelestanian burung ini. Burung kenari norwich dewasa ini merupakan burung kenari yang menarik. Burung ini mempunyai kelompok bulu yang tebal dan mempunyai bentuk yang serba “bulat”. Dengan dada bidang, punggung pendek lebar, sayap pendek dan ekor pendek, serta paruh juga pendek.Kenari Norwich sering juga disebut kenari " John Bull " karena memiliki fisik yang kuat. Kebanyakan burung ini yang memiliki warna hijau atau kuning yang menanik sekali. Burung ini jarang yang berwarna putih. Panjangnya antara 15—16 cm.
  2. Kenari Red Vector / Intensif


Kenari red factor adalah kenari produk silangan yang menghasilkan warna merah pada setiap helai bulu bulunya. kenari jenis ini pertama kalinya dikembangkan oleh Dr. Hans Duncker ( seorang penangkar kenari dari jerman ) pada awal awal tahun 1900an dengan menyilangkan jantan 'red siskin' dengan kenari kuning. ada juga yang mengatakan bahwa kenari kuning yang digunakan adalah jenis kenari 'German Roller' sementara yang lainnya percaya bahwakenari kuning tersebut adalah jenis dari ' Border Canary'. Dalam perawatannya kenari ini membutuhkan makanan yang mengandung beta carotene tinggi untuk menjaga kualitas warnanya, pemberian makanan yang mengandung beta carotene ini diberikan hanya pada saat akan tumbuh bulu baru dan biasanya terjadi pada waktu burung sedang mengalami masa mabung. sekarang ini banyak juga dijual bahan makanan yang mengandung bahan kimia untuk menjaga warnanya akan tetapi jika berlebihan dan terlalu sering digunakan bisa membahayakan dan malah menimbulkan penyakit.
 

3. Kenari Border:
Burung kenari border merupakan burung kenari yang paling populer. Burung ini berasal dan jenis cumberland fancy, dan bersumber dari negara perbatasan (border) antara lnggris dan Skotlandia. Burung ini berbentuk serba “bulat” dilihat dan sudut mana saja. Di dalam pertandingan, bentuk bulat itu sangat menentukan. Di samping itu tingkah burung harus menunjukkan kebiasaan gerak tertentu. Burung kenari border ini mencapai panjang 14 cm.
4. Kenari Lancashire:
Disebutkan bahwa kenari ini adalah jenis kenari yang terbesar di Inggris. Jenis ini sekarang sudah jarang ditemu kan dalam bentuk aslinya. Burung ini lebih banyak disilang kan dengan jenis lain untuk mendapatkan badan yang besar. Jenis ini ada yang memiliki mahkota atau jambul yang di sebut lancashire coppy, dan ada pula yang kepalanya polos dan disebut lancashire plain head.
5. Kenari Gloster:
Ini tergolong jenis burung kenari yang dihasilkan dan peternakan akhir-akhir ini. Kenari gloster tergolong lebih kecil, dengan panjang badan tak lebih dan 11 cm. Kenari gloster sengaja diternakkan ke arah jenis yang kecil dan diusahakan agar selalu kecil, sehingga binatang ini tidak boleh lebih dan ± 11 cm saat memasuki pertandingan. Di dalam gambar-gambar yang dapat dijumpai di buku-buku mengenai burung kenari kita akan dapat melihat bahwa kenari ini memiliki warna kuning dengan bagian sayap putih atau kehijau hijauan, sama seperti bagian ekornya. Pada kepala burung kenari gloster terdapat jambul, tetapi ada juga yang tidak. Burung dengan kepala polos dikenal dengan nama consort.
6. Kenari London Fancy:
Kenari jenis mi disebutkan telah punah, dan burung kenari mi susah ditelusuri asalnya. Burung mi benar-benar sangat cantik. Bulunya berwarna keemasan yang cemerlang dengan sayap dan ekornya berwarna hitam, yang menaggal kan kontras yang sangat mengesankan. Ini tergolong jenis kenari Inggris yang sudah tua sekali, dan aslinya memiliki bintik-bintik hitam.
7. Kenari Yorkshire:
Burung kenari ini merupakan hasil persilangan burung kenari lancashire dan burung kenari belgia. Bentuk burung ini terkadang digambarkan seperti wortel yang terbalik. Burung ini selalu berdiri tegak, dengan kaki panjang. Dengan keadaan seperti itulah para juri menilai keindahan burung kenari ini. Panjang burung mi kira-kira 16 cm.
8. Kenari Fife Fancy:
Kenari ini tergolong jenis baru, yang masih muda umurnya baru di pertengahan abad ini Bila melihat gambarnya, burung ini bentuknya sama seperti kenari london fancy, hanya ukurannya kecil, dengan bulu sayap dan ekor berwarna putih. Burung fife
fancy ini sebenarnya burung border tetapi ukuran badannya lebih kecil.
Disebut demikian karena bentuk secara keseluruhan praktis sama, kecuali perbedaan ukurannya. Ukuran burung ini harus tidak lebih dan 11 cm. Burung ini sangat mudah diternakkan dan dapat memberikan variasi bulu yang sangat luas.
9. Kenari Scotch Fancy:
Di kalangan penggemar burung di inggris, burung ini di kenal dengan sebutan Bird O Circle, karena formasi dan kepala sampai ke ujung ekor pada waktu dipertandingkan berbentuk setengah lingkaran. Dalam pertandingan ada posisi, gerak, atau bunyi yang harus dipertontonkan oleh burung kenari. Keadaan yang tidak umum ini ditemukan Secara menonjol di wilayah Skotlandia dan Inggris Utara, Sedang di wilayah selatan burung ini tidak populer. Burung Scotch harus memiliki kepala kecil, lebih bulat sedikit dan kepala burung kenari belgia. Lehernya ramping dan panjang, bahunya terisi penuh namun sempit dan bulat, sayap nya panjang dan menempel kuat ke badan, dan kaki yang panjang kuat terbentang dengan baik.
10. Kenari Belgia:
Burung ini merupakan salah satu dan jenis burung-burung kenari yang diternakkan sejak dulu. Burung ini merupakan burung yang diambil bentuk dan kedudukannya saja. Kesannya seperti burung cacat, kepalanya kecil seperti kepala ular. Kenari ini sulit diternakkan dan umumnya telur ditetaskan dengan memakai burung kenari lain. Belgian Canary juga bisa digolongkan dengan Kenari Scotch Fancy.
11. Kenari Roller:
Telah disebutkan sebelumnya tentang burung kenari roller ini, yang tergolong merajai jenis burung kenari yang berkicau. Burung ini keturunan burung kenari jerman yang diternakkan seeara besar-besaran di wilayah Pegunungan Hartz. Di pegunungan ini kira-klra 400 keluarga
berkecimpung mengembangbiakkan kenari dan melatihnya. Cara lama yang dipakai untuk melatih burung ini adalah dengan memasukkan burung ke dalam sangkar kecil dan membiarkan burung ini mendengarkan suara burung yang dikenal indah suaranya (yang telah menang pertandingan). Tetapi dewasa ini orang menggunakan suara tape recorder, cd atau pita kaset.
12. Kenari STAFFORD
Kenari Staffrord / Crest Kenari ini tergolong jenis yang tua dan burung kenari, sebab sudah ada di sekitar tahun 1950-an. Mula-mula di kenal dengan nama Turn crown, dan pada permulaan abad ini dikenal sebagai King of the fancy (Raja Fantasi). Mahkota burung.ini haruslah besar dan mengembang dan tengah tengah kepala dan mengembang ke depan sampai ke
paruh nya hampir sejajar dengan matanya sehingga mata hampir tertutup. Mahkota ini juga mengembang ke arah belakang kepala. Mahkota ini harus memiliki bentuk yang baik, luas dan tebal dengan bulu-bulu yang lebat dan lembut. Kenari mahkota adalah burung yang besar dan harus memiliki kepala yang besar, leher yang besar pendek dan badan bidang, sama seperti kenari norwich. Ternyata jenis crest ini ada yang mempunyai mahkota, tetapi ada pula yang memiliki kepala yang polos tanpa mahkota.
justify;"
13. Kenari Frill:
Kenari ini dikenal sebagai kenari belanda di abad ke 18, tetapi kemudian muncul berbagai jenis yang menyebar ke berbagai negara. Dewasa ini dikenal Frill dan Belanda, Italia, Paris, sedang pihak Jepang telah menghasilkan jenis yang kecil. Umumnya jenis frill ini tergolong sebagai burung yang besar, sebab panjangnya dapat lebih dan 20 cm. Ada tiga bagian yang disebut mantle, jabot, dan fin. Mantle (las) adalah bulu-bulu bagian punggung yang membelah di punggung dan jatuh secara sinietnis. Jabot adalah bulu di dada yang berombak dan menggulung ke dalam. Jabot ini harus datang dan tiap sisi dada untuk membentuk suatu ke rutan yang bertemu di bagian tengah bagaikan suatu bentuk kerang yang menutup. Sedang fin adalah bulu-bulu yang panjang, benar-benar berjumbai yang datang dan paha dan bergerak ke atas sekeliling sayap. Kenari frill yang indah dapat menjadi burung yang sangat indah, tetapi kenari yang buruk akan menjadi burung yang memberi kesan ganjil dan aneh karena bentuknya itu. Burung-burung mi tergolong sebagai burung ternak yang baik.
14. Kenari Lizard


Lizard Canary (Kenari Kadal) adalah salah satu jenis tertua dari kenari yang telah memiliki sejarah lama. Termasuk “type canary”, Lizard hampir punah pada awal 1900-an. Akibat adanya dua perang dunia dan wabah penyakit, populasi Lizard Canary berkurang hingga hanya menjadi beberapa pasang ketika mulai dikembangkan lagi pada pertengahan 1940-an. Berkat Lizard Canary Association di Inggris Raya, hari ini kenari Lizard bisa berkembang lagi dengan subur dan merupakan salah satu burung kenari..
Kenari  sekitar 14 cm, warna bulunya yang menyerupai sisik kadal. Bulu lizard didominasi warna kuning dan warna putih.Burung ini dikembangkan di Prancis pada 1700-an. Pada 1945, Lizard Canary merupakan salah satu jenis burung kenari yang cukup populer
Kenari Lizard terdiri dalam 4 warna:

  1. Kadal Emas
  2. Kadal Perak
  3. Kadal biru
  4. Kadal Merah
Kenari Lizard ada yang memiliki warna berbeda diatas kepala seperti topi/cup ada yang tidak memiliki topi/non cup . Pada idealnya harus oval dengan tepi yang jelas, tetapi ada beberapa berbentuk lingkaran yang tidak teratur kenari Lizard jenis “cup” memiliki pola bulu melingkar tunggal di atas kepala, yang

idealnya harus oval dengan tepi yang jelas, tetapi ada beberapa berbentuk lingkaran yang tidak teratur
 
 

Mengenal dan Memilih Kenari Import

 
CARA MELIHAT UMUR DAN ASAL NEGARA BERDASARKAN WARNA, ANGKA PADA RING BURUNG KENARI
  1. Pada umumnya warna ring kenari import menunjukkan tahun menetasnya kenari dan pada Negara-negara importir warna ring merupakan hasil kesepakatan bersama.
  2. Sebagai contoh warna biru pada ring kenari import menunjukkan tahun 2003 : 2008 : 2011 dan 2017 maka untuk kelahiran anakan Tahun 2013 pastilah berwarna Hitam ( tinggal kita lihat kode Negara bulan dan hari lahir Canary )

Kode NEGARA pada RING Kenari Import
RING MENUNJUKKAN NEGARA ASAL BURUNG ( Burung Import )
Kode NEGARA pada Ring Kenari Import
JERMAN :
DKB : Deutscher Kanarie und Vogelzüuchter-Bund e.V.
AZ : Vereinigung für Artenschutz, Vogelhaltung und Vogelzucht e. V.
VZE : Vereinigung für Zucht und Erhaltung einheimischer und fremdländischer Vögel
AUSTRIA :
OKB : Österreichischer Kanarienzüchter und Vogelliebhaberbund.
ROK : Rassezucht österreichischer Kleintierzüchter.
BELGIA :
AOB       : Koninklijke Algemene Ornithologische Bond van België
A.Vi.Bo   : Algemene Vinkeniers Bond Aviornis International
B.G.C     : Belgische Grasparkietenclub
B.P.C      : Belgische Postuurkanarie Club Club Belge de canaris de posture
B.V.A     : Belgische Vereniging Agapornieden
B.v.L.L   : Belgische Vereniging van Lori’s en Loriculus
F.O.W    : Fédération Ornithologique Wallonne
K.B.F.K : Koninklijke Belgische Federatie van Kanarieliefhebbers
K.B.O.F : Koninklijke Belgische Ornithologische Federatie
K.B.S     : Koninklijke Belgische Samenwerking
F.R.B      : Fédération Royale Belge de coopération
K.E.V     : Kweekgroepen Europese Vogels
K.N.B.B : Koninklijke Nationale Bond van Belgie voor Waterslagers
P.F          : Parkietenfederatie
W.P.C     : West-Vlaamse Parkietenclub
BOSNIA-HERCEGOVINA
BH : Savez Uzgajivaca Ptica Bosna i Hercegovina
BRASIL :
FOB : Federaçao Ornitógica do Brasil
BULGARIA :
BG : Association Bulgare d’Oiseaux Décoratifs
CANADA :
A.E.O.M : Canada Association des Eleveurs d’Oiseaux de Montréal
CHILI  :
SOCH : Sociedad Ornitologica Chilena
CHYPRUS :
Cyprus Canary Association
COLOMBIA :
FOC : Federacion Ornitologica Colombiana
A.C.R.O.C : Asociacion de Canaricultores y Ornitofilos de Colombia
KROASIA :
HR : Harvatski Ornitoloski Savez
CUBA :
A.N.O.C. : Asociacion Nacional Ornitologica de Cuba
DENMARK :
JFKK : Jydsk Fynsk Kanarieklub
DKX  : Dansk Kanarieopdrætter Klub
DZK   : Dansk Zebrafinke Klub
SPANYOL :
E2   : Federación Ornitológica Cultural y Deportiva Española (F.O.C.D.E.)
E3   : Federación Ornitológica Española. (F.O.E.)
E4   : Federación Ornitológica Catalana Cultural Deportiva (F.O.C.C.D.).
E5   : Federación Balear de Ornitologia (F.B.O.)
E6   : Federación Ornitológica Regional Catalana (F.O.R.C.)
E7   : Federación Ornitológica Comunidad Valenciana (F.O.C.VA.)
E8   : Federación Ornitológica Andaluza (F.O.A.)
E9   : Federación Ornitológica Regional Gallega (F.O.R.G.).
E10 : Federación Ornitológica Comunidad de Madrid (F.O.CO.MA.)
E11 : Federación Ornitológica Comunidad Murciana (F.O.C.M.)
E12 : Federación Ornitológica Comunidad Castilla la Mancha (F.O.C.C.MA.)
PERANCIS :
UOF  : Union Ornithologique de France
FFO  : Fedération Français Ornithologique
CDE  : Club des Exotiques
INGGRIS / GREAT BRITTAIN :
IOA     : International Ornithological Association COM GB
BBC    : British Bird Council
CCBA : Canary Colour Breeders Association
LCA    : Lizard Canary Association of Great Britain
CCC    : Crested Canary Club
WFS    : Waxbill Finch Society
GRÈCE :
EOO : Greek Ornithological Federation
FOP  : Panellinia Omospondia Ornithologias
HONGARIA :
MDOSZ : Magyar Díszmadártenyésztõk Országos Szövetsége 
Confédération Nationale des Eleveurs d’Oiseaux d’Agrément Hongrois
IRLANDIA :
EAO : Eire Ornithological Association COM Ireland
ISRAEL :
ILF : Israel Federation of Bird Breeders
ITALIA :
FOI : Federazione Ornicoltori Italiani
LUXEMBOURG : Fédération Luxembourgeoise d’Ornithologie
MACEDONIA :
OFM : Ornitoloska Federacija na Makedonija
ARGENTINA :
FOA
MALTE ( Malta ) :
BBA : Birds Breeders Association
MLT : Malta Cage Birds Association
BELANDA :
BEC : BEC (Belangenbehartiging Europese Cultuurvogels)
PS    : Parkieten Societeit
NB   : NBvV Nederlandse Bond van Vogelliefhebbers
AB   : ANBvV Algemene Nederlandse Bond van Vogelhouders
PERU :
FOPE
POLANDIA :
P.F.O. : Polskiej Federacji Ornitologicznej
PORTUGAL :
FNP : Federacao Ornitologica Norte Portugal (FONP)
FPO : Federacao Portuguese Ornitologica (FPO)
SERBIA :
SRB : Savez organizacija za zastitu i odgoj ptica Srbija & Crna Gora
SLOVAKIA :
Slovensky Zväz Chovatelov Ustredny Vybor
SLOVÉNIA :
SLO : Z.D.V.V.P. Slovenije
SWISS :
CH
TCHÉQUIE ( Czechia ) :
ÈSCH : Èesky Svaz Chovatelu
TURKI :
The Canary & Cage Birds Federation
URUGUAI :
ACRU : Associacion Canaricultores Rolle
TAMBAHAN UMUM :
AAC  : The Avicultural Advancement Council of Canada
AGY  : Aviario Garcia Yonte
AKC  : All Kyshu Canary Club 
ANB  : Algemene Nederlandse Bond waterslager
ANS  : AMERICAN NORWICH SOCIETY
AOB  : Algemene Ornithologische Bond van Belgie
APA  : Pan American Canary Culturists
ASC(AS) : American Singers Club
AWS  : The American Waterslager Society
BB     : mustache parrot
BFBS : The Budgerigar and Foreign Bird Society
BPC   : Belgische Postuurkanarie Club
BS     : Red Canary
CA    : Central States Association
CAS  : Cyprus Avicultural Society
CCA  : Cyprus Canary Association
CCC  : Columbia Canary Club
CCH  : Chris Hardwick
CFA   : International Columbus Fancy Society
CFS   : Canary and Finch Society(Huston)
COM-USA : COM-USA Inc.
CS     : Central States Roller Canary Association
CT     : la royal canaria de tourises
DA     : Dominion Roller canary Association
DAS   : Durham Avicultural Society
EZ      : CLUB MALINOIS VALENCIA
FBA   : Florida Breeders Association
FCF   : FLORIDA CANARY FANCIERS
FIS     : Fife Fancy Improvement Society - Australia
FL      : white/grey with yellow crest
GC     : Greater Chicago Cage Bird Club
HC     : Hokkaido Canary association
HCC  : Hashimoto Shichoen
HCF   : Honolulu Canary and Finch Club
ICA    : INTERNATIONAL CANARY ASSOCIATION
IFC    : International Fife Club
IGBA : International Gloster Breeders Association
ISM   : Internationale Studieclub Mozaieken
JIR     : Japan International Roller Canary Association
JRC   : Japan Red Canary Association
KBF  : Royal Belgian Federation of Canary Lovers
KCC : Kings County Canary Club
LSC  : Lone Star Canary Club
MO   : Blue Gold Macaw
 
 
 Asal usul kenari "F" series yg selama ini kita kenal






Kenari adalah burung yang cukup banyak peminatnya,
salah satunya yaitu untuk lomba yang berdasarkan atas banyak kategori penilaian.
Dipostingan pertama ini saya akan membagi sedikit ilmu tentang jenis / gen kenari.

1. Kenari Yorkshire import.( YS )
















Jenis ini bisa dibilang sebagai "dedengkotnya" kenari, karena jenis ini adalah jenis yang paling banyak diminati oleh pecinta kenari klas menengah ke atas, karena harganya yang tidak murah.
Jenis kenari ini selain untuk lomba, juga banyak dipakai untuk induk'an, karena memiliki gen yang bagus.

2. Kenari Yorkshire lokal ( YS lokal )













Sebenarnya jenis ini sama dengan jenis sebelumnya, hanya ada sedikit perbedaan, yaitu dipostur tubuh dan kepala.
Jenis ini disebut Yorkshire lokal karena yorkshire ini diternak'kan di dalam negeri / Indonesia, sedangkan jika Yorkshire import diternak'kan di luar negeri lalu diimport ke Indonesia.

3. Kenari F1 ( keturunan pertama )














Kenari jenis ini sudah bisa dibilang cukup baik untuk jadi induk bagi peternak.
Disebut sebagai generasi pertama karena jenis ini adalah turunan pertama dari Yorkshire.
Selain itu jenis ini harganya juga relatif masih agak mahal karena masih bisa dibilang jenis besar.

4. Kenari F2 ( keturunan kedua )















Disebut keturunan ke 2 karena memililiki bentuk tubuh yang agak mirip dengan sebelumnya, hanya ada perbedaan di ostur tubuh dan kepalanya.

5. Kenari F3 ( Keturunan ketiga )














Yang berkembang dimasyarakat pada umumnya, kenari F3 adalah kenari turunan pertama dari yorkshire, sedangkan F1 adalah turunan dari F2.

6. Sedangkan yang terakhir adalah AF














Jenis AF adalah jenis yang terkecil, sebenarnya masih ada jenis setelah AF yaitu holland, teteapi sekarang jenis holland sudal diplot sebagai AF lokal.

2 komentar:

  1. Klw untuk knari ys lokal dan f3 bisa cari dimana gan...klw bisa sekalian harganya tks....

    BalasHapus
  2. Thanks gan, ulasan tentang kenari sangat lengkap :)

    BalasHapus